MIPM

  • Beranda
  • PROFIL
  • formulir
  • News
  • MISI
  • VISI
  • GALERI
  • RAPBM

Monday, 28 March 2016

Mengenal Gaya Belajar Anak

Mengenal Gaya Belajar Anak


Gaya Belajar merupakan kecenderungan sikap yang dimiliki seseorang ketika ia menyerap, memproses, dan mengolah  informasi dari berbagai sumber yang ia peroleh agar informasi tersebut bermakna bagi dirinya. Gaya belajar yang kita kenal pada umumnya ada tiga, yaitu Visual (mengandalkan indera penglihatan), Auditori (mengandalkan indera pendengaran), dan Kinestetik (gerakan tubuh). Setiap anak itu unik, dan memiliki karakter yang khas pembeda antara anak yang satu dengan anak lainnya. Setiap anak biasanya memiliki satu kecenderungan untuk memiliki gaya belajar tertentu. Sebaiknya sedari kecil kenalilah gaya belajar yang anak anda miliki, agar anda bisa memilih pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar anak anda itu. Berikut ini ada beberapa ciri dari ketiga gaya belajar tersebut:
1. Visual
Anak dengan gaya belajar visul dalam belajarnya itu menitikberatkan pada ketajaman indera penglihatan. Karakteristik dari anak dengan gaya belajar visual itu sendiri, yaitu:
a. Harus melihat sesuatu (informasi, pelajaran, peristiwa) secara langsung, atau minimal melalui perantara seperti gambar, dan video.
b. Memiliki kepekaan yang kuat terhadap warna.
c. Biasanya memiliki kesulitan dalam berdialog.
d. Kurang bisa menyerap suatu materi yang diberikan secara lisan.
e. Cara menghafalnya dengan memvisualisasikan apa yang mereka lihat, jadi tanpa melihat mereka tidak dapat menghafal dengan baik.
f. Ketika belajar biasanya akan duduk di depan agar bisa melihat apa yang ditampilkan dengan jelas.
g. Ketika sebuah benda dipertunjukan saat belajar, maka konsentrasi mereka pada pembelajaran tersebut akan fokus.
2. Auditori
Anak dengan gaya belajar auditori saat pembelajaran menitikberatkan pada indera pendengaran. Berikut ini karakteristik anak dengan gaya belajar Auditori:
a. Menyerap informasi dari pembelajaran dengan menggunakan pendengaran.
b. Biasanya kurang suka membaca dan cukup sulit untuk memahami informasi dari buku secara langsung.
c. Agak lambat dalam hal menulis dan membaca.
d. Terampil untuk berbicara.
e. Karena sering mendengarakan maka ia memiliki tata bahasa yang baik.
f. Seperti tidak memperhatikan saat guru menjelaskan, padahal ia sedang mendengarkan.
3. Kinestetik
Anak dengan gaya belajar kinestetik biasanya memiliki kecenderungan untuk bergerak saat pembelajaran (tidak hanya duduk diam). Selain itu ada juga ciri lainnya, yaitu:
a. Memerlukan suatu benda untuk ia pegang/ mainkan saat pembelajaran.
b. Tidak bisa duduk diam dan hanya mendengarkan ketika guru menjelaskan untuk waktu yang lama.
c. Memiliki kepandain dalam bidang yang berhubungan dengan gerak, seperti olahraga ataupun tari.
d. Ketika ia tidak memegang sesuatu, biasanya salah satu anggota tubuhnyalah yang akan bergerak, entah itu tangan, kaki, atau kepala.
Itulah diantaranya beberapa karakteristik dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Segeralah kenali gaya belajar yang anak anda miliki dan arahkan dia untuk belajar sesuai dengan gaya belajarnya.
Diposkan oleh Unknown di 08:23 No comments:
Email ThisBlogThis!Share to XShare to FacebookShare to Pinterest

20 METODE MENGAJAR AGAR JADI GURU "KEREN DAN BEKEN MENURUT DR MUH,SYAFII ANTONIO

Assalamualaikum...wr..wb Salam sejahtera untuk kita semuanya semoga Tetap dalam keadaan sehat dan baik. berbicara tentang Pendidikan Banyak methode yang harus di perhatikan.

Sukses menjadi guru tak semata-mata karena menenteng ijazah dari fakultas keguruan atau mendapat sertifikasi profesional. Guru keren di mata dan hati siswa juga beken dan dijadikan favorit karena metode mengajar asyik dan menarik. Mau tahu 20 metode mengajar yang telah dipraktekkan oleh Rasulullah SAW ? Salah satu faktor penting kejayaan pendidikan Rasulullah SAW adalah karena beliau menjadikan dirinya sebagai model dan teladan bagi umatnya. Tentu, guru yang baik seharusnya menjadi teladan dan model bagi siswanya.


 Ucapan dan tindakan guru harus sejalan dan sejujurnya. Ingat ungkapan ini 'jangan ada dusta diantara guru dan siswa'. Nio Gwan Chung (Dr. M. Syafii Antonio, M.Ec) dalam bukunya Muhammad SAW The Super Leader Super Manager menuliskan 20 metode dan teknik pengajaran sebagai 'holistic learning methods', yaitu :

1. Learning conditioning (meminta diam untuk mengingatkan, menyeru secara langsung dan perintah untuk menyimak dan diam dengan cara tidak langsung); 

2. Active interaction (interaksi pendengaran : teknik berbicara, tidak bertele-tele pada ucapan dan tidak terlalu bernada puitis, memperhatikan intonasi, diam sebentar ditengah-tengah penjelasan; interaksi pandangan : eye contact dalam mengajar, memanfaatkan ekspresi wajah, tersenyum); 3. 

Applied-learning (metode praktikum yang diterapkan oleh guru dan yang dilakukan oleh siswa); 4. 

Scanning and levelling (memahami siswa secara individu sesuai tingkat kecerdasannya); 5.

 Discussion and feed-back (metode yang logis dalam memberikan jawaban dan membuat contoh sederhana yang mudah dipahami);

 6. Story telling (bercerita);

 7. Analogy and case study (memberikan perumpamaan dan studi kasus nyata di sekitar kehidupan); 

8. Teaching and Motivating (meningkatkan gairah belajar dan rasa keingintahuan yang tinggi); 9. 
Body language (membuat penyampaiannya bertambah terang, lebih pasti dan jelas; menarik perhatian pendengar dan membuat makna yang dimaksud melekat pada pikiran; mempersingkat waktu); 10. 

Picture and graph technology (penjelasan diperkuat dengan gambar atau tulisan); 

11. Reasoning and argumentation (mengungkapkan alasan akan memperjelas sesuatu yang sulit dan berat agar dipahami oleh siswa); 

12. Self reflection (memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab sendiri suatu pertanyaan agar siswa dapat mengoptimalkan kerja otak dan mengasah pikiran); 

13. Affirmation and repetition (pengulangan kalimat dan ucapan nama); 

14. Focus and point basis ( menggunakan teknik berdasarkan rumusan-rumusan besar atau poin akan membantu siswa dalam menyerap ilmu dan menjaganya dari lupa);

 15. Question and answer metodh (teknik bertanya untuk menarik perhatian pendengar dan membuat pendengar siap terhadap apa yang akan disampaikan kepadanya);

 16. Guessing with question (penting untuk memperkuat pemahaman dan memperbesar keingintahuan);

 17. Encouraging student to ask (guru memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berani mengajukan pertanyaan : bertanya dapat menghapus kebodohan serta memperbaiki pemahaman dan pemikiran dan menjadi alat evaluasi guru atas cara penyampaian pelajarannya);

 18. Wisdom in answering question (menyikapi orang-orang yang mengajukan pertanyaan sesuai dengan tingkat pengetahuannya; menyikapi si penyanya dengan sikap yang bermanfaat baginya); 

19. Commenting on student question (memberikan komentar terhadap jawaban siswa);

 20. Honesty (seorang guru harus menanamkan sikap mulia berani mengakui ketidaktahuan ke dalam diri siswanya. ucapan 'aku tidak tahu adalah bagian dari ilmu') 

SUMBER(http://www.kompasiana.com)
Demikian berita dan informasinya semoga bermanfaat,amiiin.
Diposkan oleh Unknown di 06:53 No comments:
Email ThisBlogThis!Share to XShare to FacebookShare to Pinterest
Newer Posts Older Posts Home
Subscribe to: Posts (Atom)

Popular Posts

  • RPP 1 Halaman SMP dan SD Revisi 2020
    RPP 1 Halaman SMP Revisi 2020 RPP 1 Halaman Bahasa Inggris https://bit.ly/2uFjZwV RPP 1 Halaman Bahasa Indonesia https://bit.ly/380qTL...
  • Brosur PPDB MI PERGURUAN MU'ALLIMAT CUKIR
    DOWNLOAD DISINI

Blog Archive

  • ►  2022 (1)
    • ►  04/17 - 04/24 (1)
  • ►  2021 (2)
    • ►  01/31 - 02/07 (1)
    • ►  01/10 - 01/17 (1)
  • ►  2020 (2)
    • ►  02/09 - 02/16 (1)
    • ►  01/19 - 01/26 (1)
  • ►  2019 (5)
    • ►  12/29 - 01/05 (1)
    • ►  10/27 - 11/03 (1)
    • ►  09/15 - 09/22 (1)
    • ►  08/18 - 08/25 (1)
    • ►  01/27 - 02/03 (1)
  • ►  2018 (7)
    • ►  12/23 - 12/30 (1)
    • ►  12/16 - 12/23 (2)
    • ►  11/25 - 12/02 (1)
    • ►  11/18 - 11/25 (2)
    • ►  10/28 - 11/04 (1)
  • ▼  2016 (94)
    • ►  11/13 - 11/20 (1)
    • ►  08/28 - 09/04 (2)
    • ►  04/17 - 04/24 (5)
    • ▼  03/27 - 04/03 (2)
      • Mengenal Gaya Belajar Anak
      • 20 METODE MENGAJAR AGAR JADI GURU "KEREN DAN BEKEN...
    • ►  03/06 - 03/13 (3)
    • ►  02/28 - 03/06 (2)
    • ►  02/21 - 02/28 (7)
    • ►  02/14 - 02/21 (12)
    • ►  02/07 - 02/14 (14)
    • ►  01/31 - 02/07 (10)
    • ►  01/24 - 01/31 (11)
    • ►  01/17 - 01/24 (7)
    • ►  01/10 - 01/17 (5)
    • ►  01/03 - 01/10 (13)
  • ►  2015 (5)
    • ►  12/27 - 01/03 (3)
    • ►  12/20 - 12/27 (2)
  • ►  2014 (2)
    • ►  08/24 - 08/31 (2)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Pages

  • Home
  • About
  • Pripacy Policy
  • Disclaimer

Popular Posts

  • RPP 1 Halaman SMP dan SD Revisi 2020
    RPP 1 Halaman SMP Revisi 2020 RPP 1 Halaman Bahasa Inggris https://bit.ly/2uFjZwV RPP 1 Halaman Bahasa Indonesia https://bit.ly/380qTL...
  • Brosur PPDB MI PERGURUAN MU'ALLIMAT CUKIR
    DOWNLOAD DISINI
  • Analisis Kebutuhan Peserta Didik Usia MI
    Analisis Kebutuhan Peserta Didik Usia MI PERKEMBANGAN DAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) A.       PEN...
  • Profil MIS Perguruan Mu'allimat
    Assalamualaikum wr wb   Dalam rangka lomba profile Madrasah yang diadakan oleh Kemenag Jombang, mohon dukungan bapak/ibu dan saudara²ku ...
  • Dramband MI Perguruan Mu'allimat Cukir Sesi latihan
  • Drumband MI Perguruan Mu'allimat Cukir Lagu 2
  • Kejelasan Inpassing Dan TPG Madrasah
    FGHM Pertanyakan Kejelasan Inpassing Dan TPG Madrasah Perwakilan FGHM (Forum Guru Honorer Madrasah) Jabar saat diterima oleh Kasubid PT...
  • (no title)
    Rangkuman Kurikulum 2013 Edisi Revisi (K13) Sekolah Dasar Perangkat ,  Standar Isi Berikut Rangkuman K13 Sekolah Dasar: 01.  Sosial...
  • REVOLUSI MENTAL, ATURAN SISWA TELAT TAK BOLEH MASUK KELAS, SANKSI JUGA BERLAKU UNTUK GURU DAN KEPSEK
    Asalamu'alaikum wr.wb. selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.... mari simak informasi terbaru berikut uni... Terkai...
  • Menakar Profesionalisme Pendidik
    SURAT Keputusan Bersama (SKB) Menteri Keuangan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Menteri Dalam Negeri...
MIPM CUKIR. Awesome Inc. theme. Powered by Blogger.