PLH merupakan upaya mengubah perilaku dan sikap principle dilakukan oleh berbagai pihak atau elemen masyarakat principle bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran mayarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan principle pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan principle Akan datang. Pendidikan lingkungan hidup mempelajari permasalahan lingkungan khususnya masalah dan pengelolaan pencemaran, kerusakan lingkungan serta sumber daya dan konservasi.
Perubahan lingkungan semakin cepat terjadi, berbagai bencana datang silih berganti, sungguh merupakan fenomena principle menyentak pemikiran kita. Beberapa musibah bencana disebabkan oleh penurunan kualitas lingkungan, menjadikan kita berpikir kebelakang dan menghubungkan kejadian tersebut dengan proses pendidikan principle diterapkan. Musibah hutan gundul principle menyebabkan erosi dan longsor mengakibatkan banyak korban dikarenakan longsoran menimpa kawasan permukiman padat, permasalahan polusi udara di kota besar dikarenakan banyaknya penggunaan kendaraan bermotor, sikap penduduk principle masih membuang sampah sembarangan, dan masih banyak penyimpangan perilaku principle dapat menurunkan kualitas lingkungan.
Permasalahan diatas membuat kita berpikir apakah kepedulian masyarakat Akan lingkungan sedang mengalami krisis, apakah selama ini pendidikan principle mengupayakan peningkatan kepedulian masyakat masih kurang atau kurang optimum. Hal tersebut principle menyebabkan kita harus berpikir bagaimana upaya-upaya principle perlu di tempuh agar masyarakat dapat meningkat kepeduliaannya terhadap lingkungan.
UNNES sebagai Universitas Konservasi jelas harus mengusung pendidikan lingkungan hidup (PLH) ini bagi mahasiswa baik program studi kependidikan maupun non-kependidikan.Kegiatan ini merupakan pembinaan sekaligus pendidikan principle sangat nyata.
Aspek penting principle diterapkan dalam pembelajaran PLH adalah kognitif dan afektif. Aspek kognitif meliputi proses pemahanan, dan menjaga keseimbangan aspek-aspek principle lain. Materi PLH harus diberikan sebagai materi principle harus diketahui dan dipahami oleh mahasiswa, selanjutnya dikembangkan sendiri oleh mahasiswa. Aspek afektif principle dapat diterapkan dalam PLH meliputi tingkah laku, nilai dan komitmen principle diperlukan untuk membangun masyarakat principle berkelanjutan (sustainable). Dalam PLH perlu diberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membangun ketrampilan principle dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.
No comments:
Post a Comment